Ingin Bisnis Kuliner? Pahami Dulu 6 Strategi Pemasaran Ini

 

Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tak akan pernah mati dimakan zaman. Sebab, makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun, seiring menjamurnya jenis usaha yang serupa, pada akhirnya menciptakan persaingan yang tak kalah ketat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran terbaik untuk bisnis produk makanan  Anda.

Menjadikan bisnis kuliner suatu usaha online adalah langkah tepat untuk memasarkannya secara luas. Mengingat apapun yang kita konsumsi saat ini sudah bisa didapat melalui jalur online. Lalu, strategi pemasaran seperti apa yang paling bagus untuk bisnis makanan ini?

Strategi pemasaran paling efektif untuk bisnis kuliner

  1. Membuat foto berkualitas

Foto adalah salah satu jenis konten yang menarik di mata calon konsumen. Hampir semua konsumen selalu menyukai konten berupa gambar ataupun foto dari produk yang ditawarkan. Lalu, gambar atau foto bentuk apa sih yang mampu menarik lebih banyak konsumen?

Anda perlu ketahui, konten foto memiliki rasio yang unik. Namun secara garis besar, Anda bisa menggunakan metode dasar the rule of third untuk obyek utamanya. Rule of third merupakan suatu teknik fotografi sederhana dengan memanfaatkan fitur grid pada kamera sebagai acuannya.

  • Membuat web company profile

Website company profile merupakan salah satu bentuk kehadiran Anda di dunia bisnis online. Fungsinya tentu untuk menambah kredibilitas bisnis yang sedang Anda jalankan. Membangun web company profile berarti juga Anda sedang membentuk strategi pemasaran makanan sebelum beralih ke strategi berikutnya.

Seperti yang Anda ketahui, web company profile dapat menampilkan lebih banyak informasi ketimbang media lain. Misalnya, bagaimana proses yang harus dilalui produk sebelum sampai ke tangan konsumen hingga detil komposisi dan harganya. Itulah sebabnya, mengapa website company profile disebut sebagai salah satu strategi paling efektif dalam bisnis kuliner.

  • Optimasi website

Suatu halaman website terbukti sia-sia jika tidak teroptimasi dengan baik. Pasalnya, website yang teroptimasi dengan baik cenderung lebih mudah dijangkau oleh audiens. Gambaran sederhananya, apabila Anda memiliki lapak di pasar dan berada di barisan depan, Anda lebih mudah terlihat oleh calon pembeli.

Tentu saja,Anda juga perlu memperhatikan konten-konten yang ada di website tersebut. Jangan sampai membuat artikel yang ditulis sembarangan. Riset kata kunci yang relevan dengan jenis usaha yang Anda jalankan agar hasilnya lebih optimal. 

  • Manfaatkan media sosial

Media sosial adalah salah satu jenis kanal dengan pengguna aktif terbanyak di dunia. Tak heran jika beberapa media sosial seperti, Instagram, YouTube, dan Facebook memiliki peringkat tertinggi di seluruh dunia. Oleh sebab itulah, akhirnya para pengusaha berbondong-bondong memasang iklan bisnisnya melalui media satu ini.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran bisnis makanan. Salah satunya mengoptimalkan media tersebut dengan cara mengunggah atau memasarkan foto-foto produk makanan Anda. Anda juga bisa menunjukkan proses pembuatannya melalui video yang telah didesain dengan menarik sehingga memikat calon konsumen.

Ingat, media sosial yang baik adalah media yang aktif dalam menanggapi setiap komentar dari calon konsumen. Selain itu, Anda juga wajib memiliki konten yang diunggah secara rutin atau memasang iklan sesuai portal yang digunakan.

  • Manfaatkan jasa influencer

Saat ini, teknik pemasaran bisnis online yang paling digandrungi adalah influencer marketing. Influencer merupakan sosok yang memiliki aset digital dengan jumlah pengikut atau followers lebih dari 10 ribu akun. Tentu saja, jika Anda menggunakan strategi satu ini, bisnis produk makanan Anda akan jauh lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

  • Jadi mitra perusahaan ojek online

Tak hanya sebagai salah satu jenis bisnis transportasi online, kehadiran ojek online ternyata sangat membantu para pebisnis. Apalagi bagi mereka yang produk dan pembelinya berada dalam satu wilayah. Tak terkecuali, para pelaku bisnis kuliner.

Hal ini karena ojek online memiliki fitur pembayaran online yang memang praktis dan efisien. Ditambah juga dengan konsep geo marketing yang semakin memudahkan pemasaran produk makanan Anda.

Nah, itu tadi keenam strategi pemasaran bisnis kuliner yang bisa Anda coba aplikasikan secara berurutan. Semoga cara ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *